TERBARU

Mar 8, 2015

Tips Memberi Nama Blog

Bismillaahirrahmaanirrahiem. Selamat siang kawan blogger semua, apa kabar? Semoga baik saja. Kali ini Belajar TIK-04 akan menyuguhkan tips memberi nama blog kita. Loh, harus ada tips nya toh? Iya dong.

Dari pengalaman beberapa waktu ke belakang, ternyata memberi nama blog ini mudah-mudah-susah. Kita mungkin punya segudang nama yang ingin ditentukan, tapi ketika mau buat akun blog, ehh malah kebingungan. Maka dari itu, semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kawan.
Oiya, sebelum dilanjutkan, perlu kami beritahukan bahwa asumsi kami adalah kawan-kawan akan mengurus blog tersebut dalam jangka panjang, tidak hanya sebatas tugas atau tuntutan satu pihak. Harus bener-bener dari hati. Karena keseluruhan tutorial di Belajar TIK-04 ini bisa diaplikasikan untuk blog yang memiliki visi jangka panjang.
Oke kita bahas satu persatu.

1.    Tentukanlah passion kalian dalam hidup

Seperti yang sudah kami ulas sebelumnya, blog kawan ini kami asumsikan memiliki visi jangka panjang, jadi akan terus kalian urus sampai kapanpun kecuali ada alasan syar’I kalian berhenti seperti Internet sudah hilang dari peredaran, kalian sakit, atau apapun itu.
Bila kita memiliki passion dalam hal bola, maka bola itu jadi passion kita. Kalau kawan suka dengan hal berbau keagamaan, maka itulah juga passion kawan. Maka dari itu, tentukanlah matang-matang mengenai passion kawan. Karena nantinya, passion tersebut akan mempengaruhi seluruh postingan kawan di blog.
Contoh kecil, bahwa passion admin Belajar TIK-04 ini adalah SALAH SATUNYA adalah TIK. Makanya admin mengurus blog ini karena keseluruhan postingan disini adalah terkait dengan pelajaran TIK.
Lalu, passion kalian apa?

2.    Buatlah nama yang unik dan mudah di ingat.

Ketika disebutkan kata “jejaring sosial populer” dikalangan remaja saat ini, apa yang akan terlintas di kita? Yup, social media seperti facebook, twitter, Instagram, bahkan blogger sendiri akan langsung menghampiri otak kita. Kenapa seperti itu? Selain memang mereka sudah populer, juga karena mereka (pendiri) membuat nama sebuah situs dengan unik dan mudah diingat.
Sebenarnya kategori “unik” dan “mudah diingat” sifatnya subjektif; artinya tergantung orang dan kondisi tertentu. Hanya saja kawan bisa menerka nerka mengenai hal umum dari unik apa. Misalnya, bila facebook itu belum terkenal seperti saat ini, kita mungkin akan kesusahan mengeja situs facemoods.com, padahal itu adalah nama resmi sebelum facebook tercipta.

a.       Gunakan nama asli atau pena

Tidak ada salahnya bila kita mempopulerkan nama sendiri dengan memberi nama pada blog kita. Misalnya, kawan bernama Udin Saprudin, maka blog kita diberi nama saprudin.blogspot.com atau udins.blogspot.com itu terserah. Atau bila kawan memiliki nama pena yang disayangi seperti sang pengembara, kawan bisa menamai blognya dengan sangpengembara.blogspot.com

b.      Sesuaikan dengan passion kawan

Bila memasang nama terlalu “mainstream” bagi kawan, kawan bisa memikirkan tentang passion kawan. Misal passion kawan adalah tentang bola, kawan bisa menamainya dengan sukabola.blogspot.com, atau bisa gunakan nama lain. Hanya saja harus sesuai dengan passion. Ga mungkin kan bila kita passion akan bola, kita menamai dengan cintakamu.blogspot.com

3.    Pastikan nama blog yang Anda buat mudah diucapkan dan di eja

Kita ga mungkin kan untuk bilang ke temen, “hey, aku punya blog, namanya Schwarzerfans.blogspot.com, dateng ya”. Terlalu sulit diucapkan. Buatlah nama blog semudah mungkin, gunanya adalah untuk mempermudah publikasi blog kawan ke temen-temen atau keluarga.

4.    Sesuaikan judul blog dengan alamat blog.

Adakah bedanya? Jelas ada. Judul blog adalah judul dari blog kita. Sedangkan alamat blog adalah nama yang akan digunakan sebagai alamat blog kita yang berupa url. Apa itu url? URL adalah (Uniform Resource Locator), digunakan untuk memperoleh alamat ke suatu web/dokumen/gambar tertentu. Biasanya url ini dimulai dengan http://www. dan diakhiri dengan ekstensi objek tertentu seperti php, html, gif, png, jpg, dll.
Contoh gini, alamat blog Belajar TIK-04 adalah belajartik04.blogspot.com dan judulnya pun sama, Belajar TIK-04. Nanti akan dibahas mengenai keduanya di cara membuat akun blogger.
Kenapa demikian? Ini akan sangat berpengaruh pada SEO (Search Engine Optimization), pelajari tentang SEO disini.

5.    Belilah nama domain.

Hal terakhir ini adalah untuk tahap serius dari blogger, yakni membeli domain. Namun bila kawan belum tahu mengapa dan bagaimana caranya, jangan dulu fokus untuk membeli domain+hosting. Karena sayang sekali bila kawan tidak terlalu memperhatikan blog, jarang mengupdate konten pada blog, tapi sudah berani membeli domain. Jadi untuk saat ini, urus dulu blog yang kawan miliki, nanti bila sudah nyaman baru beranikan untuk membeli domain + hostingnya.
Hosting murah? Cek disini.
Sebagai gambaran, bila kita memiliki domain berbayar, maka tampilan alamat blog kalian akan berubah. Yang asalnya namablog.blogspot.com, jadi namablog.com. Terlihat keren dan professional memang, tapi apalah sebuah nama bila ternyata kawan jarang update blognya. Blogger sendiri adalah layanan hosting gratis dari google. Baca selengkapnya mengenai kenapa harus domain berbayar disini.

Setelah kalian sudah yakin, silahkan baca tentang bagaimana cara membuat akun blogger.

Itulah keenam tips memberi nama blog dari Belajar TIK-04, semoga kawan-kawan mantap dalam memiliki blog dan selalu memiliki hasrat untuk mengelola blog dengan baik dan selama mungkin. Semoga bermanfaat... Bila ada yang kurang dimengerti, silahkan isi komentar dibawah. Selamat belajar... :)

Post a Comment

Terimakasih sudah bertanya/mengomentari. In Sya Allah akan kami balas secepatnya... :)

 
Copyright © 2016 Belajar TIK 04. Designed by OddThemes | Published by Responsive Blogger Templates | Managed by Nineteenboy