Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah
data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi,
pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk
menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai
yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini:
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini:
Istilah-istilah dalam Excel
- 1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
- 2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
- 3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
- 4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
- 5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
- Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
- 6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
- Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
- 7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
- 8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
- Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Menulis Rumus
1. Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan
operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan
fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama
dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak
sama dengan
2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan
oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal
memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi
dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen
ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
A. Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk
menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan
keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai
jika salah)
Contoh :
=If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric
menjadi bilangan
3. Fungsi VALUE :
Digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
4. Fungsi FIND :
Digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah
string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada
text,mulai nomor)
5. Fungsi MID
Digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet
karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
6. Fungsi LEFT atau RIGHT :
Digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan
string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
7. Fungsi REPLACE :
Digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain
dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter), penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah
karakter,text baru)
8. Fungsi CONCATENATE :
Digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat
maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel
secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP), penulisanya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
1. Fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu
range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan
data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data,
penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. Fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita
pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu
range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range,
penulisannya : =var(number1,number2,…)
Kelebihan Ms Excel
1. Buat grafik data dalam satu sel
Dengan Sparklines, fitur baru di Excel 2007 dan 2010, Anda
dapat membuat grafik kecil dalam satu sel dengan cepat menemukan pola dalam
data Anda. Ini merupakan cara cepat dan mudah untuk menyorot data penting
seperti mengurutkan dari kecil ke besar atau sebaliknya, ini menghemat waktu
Anda.
2. Tepat di titik sasaran – data yang benar dengan cepat
- Excel 2007 dan 2010 memberikan perangkat tambahan filter baru dan menarik untuk PivotTables Anda.
- Fitur Slicer menyediakan untuk Anda dengan banyak visualisasi tampilan PivotTable Anda sehingga Anda dapat memilah-milah secara dinamis dan menyaring data untuk menampilkan sesuai apa yang Anda butuhkan.
- Dengan pencarian baru filter, Anda dapat menghabiskan waktu kurang memilah-milah kumpulan data besar dalam tabel Anda dan pandangan PivotTable, dan lebih banyak waktu menganalisis.
- Post spreadsheet Anda secara online dan kemudian mengakses, melihat, dan mengedit manapun dari hampir semua komputer atau smartphone berbasis Windows Mobile.
- Dengan Excel 2007 dan 2010, Anda dapat mengambil keuntungan dari pengalaman spreadsheet terbaik di kelas di beberapa lokasi dan perangkat.
- Edit dokumen dalam browser Web ketika Anda berada jauh dari kantor, rumah, atau sekolah tanpa mengorbankan kualitas pengalaman menonton anda.
- Excel khusus versi mobile sangat cocok untuk smartphone Anda.
- Co-authoring melalui Microsoft Excel Aplikasi Web memungkinkan Anda untuk mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain secara bersamaan dari lokasi yang berbeda.
- Anda dapat melihat siapa yang bekerja pada spreadsheet dengan Anda pada waktu yang sama.
- Semua modifikasi yang langsung ditampilkan dan ditandai sehingga Anda dapat melihat di mana orang lain yang mengedit dan siapa orang editor.
- Conditional Formatting di Excel 2007 dan 2010 memberi Anda kontrol yang lebih gaya dan ikon, bar data yang lebih baik, dan kemampuan untuk menyorot item tertentu dalam beberapa klik.
- Anda juga dapat menampilkan bar data untuk nilai negatif untuk lebih akurat menggambarkan visual data Anda.
6. Manfaatkan Pivot Charts lebih interaktif dan dinamis
Cepat
mengumpulkan wawasan lebih dengan kemampuan untuk menampilkan data yang berbeda
pandangan langsung di PivotChart, independen dari pandangan PivotTable, untuk
menganalisis dan menangkap gambar yang paling menarik nomor Anda.
7. Lakukan hal-hal yang lebih mudah dan cepat
- Excel 2007 dan 2010 menyederhanakan bagaimana Anda fitur akses.
- Microsoft Office Backstage baru melihat menggantikan menu File tradisional untuk membiarkan Anda menyimpan, berbagi, mencetak, dan mempublikasikan spreadsheet Anda hanya dengan beberapa klik.
- Dan, dengan Ribbon ditingkatkan, Anda dapat mengakses perintah favorit anda bahkan lebih cepat dengan menyesuaikan tab atau membuat Anda sendiri untuk mempersonalisasi pengalaman dengan gaya kerja Anda.
8. Efisien model dan menganalisis hampir semua data
- The PowerPivot untuk Excel add-in, download gratis, menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris.
- Pengguna bisnis mudah dapat mempublikasikan dan analisis saham melalui Microsoft SharePoint Server 2007 dan 2010, dan memiliki pengguna lain menikmati Slicer sama, PivotTable, dan kemampuan cepat-query ketika bekerja pada laporan Jasa Excel mereka
- Dengan versi 64-bit baru Excel 2007 dan 2010, sejumlah besar informasi lebih mudah untuk menganalisis daripada sebelumnya.
- Menganalisis besar, kompleks dataset lebih besar dari batas ukuran file 2-gigabyte versi Excel sebelumnya.
- SharePoint Server 2010 dan Excel integrasi Jasa memungkinkan pengguna bisnis analisis saham dan hasil dalam organisasi mereka dengan penerbitan spreadsheet ke Web.
- Membangun intelijen bisnis dashboard dan berbagi informasi bisnis sensitif secara lebih luas dengan rekan kerja, pelanggan, dan mitra bisnis dalam lingkungan keamanan yang ditingkatkan.
Itulah tulisan tentang Memahami Fungsidan Kegunaan MS Excel. Semoga bermanfaat... Bila
ada yang kurang dimengerti, silahkan isi komentar dibawah. Selamat belajar...
:)
Wahhh..informasinya berguna banget buat saya..thanks ya
ReplyDeletekalau mau laporan bulanan yang bersambung antar sheet gimana caranya mas
ReplyDeletekalau mau laporan bulanan yang bersambung antar sheet gimana caranya mas
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletelumayan lengkap gan infonya...
ReplyDeleteterimakasih atas info nya saya bisa ngambil sedikit diatas buat tugas materi perkuliahan saya . :) ini sangat membantu
ReplyDeleteAgen Sakong Online BandarQ Indonesia WSakong
ReplyDeleteAgen Judi Poker Bandar Sakong Online Sakong99
Agen Judi BandarQ Bandar Poker Online IDNSAKONG
Agen Bandar Sakong Judi BandarQ Online RGOSAKONG
Agen Ceme Bandar Poker Onlie WSamgong
Trik Hack Ceme Online
Cara Hack Agen Sakong
Cara Menang Capsa Susun
Program Cheat Poker
Program Cheat Hack BandarQ
Trik Menang Judi Sakong
Trik Menang Judi BandarQ
Cara Menang Sakong
Trik Menang Poker
Trik Program Cheat BandarQ
Agen Ceme Online
Ceme Online Tepercaya
Judi Ceme Online
Bandar Ceme Online
Bandar Judi Ceme