TERBARU

Mar 6, 2015

Desain dan Konfigurasi Blog

Bismillaahirrahmaanirrahiem. Selamat siang kawan blogger semua, apa kabar? Semoga baik saja.

Setelah kita berhasi membuat sebuah akun blog di provider blogger, langkah selanjutnya adalah kita mengenal akan desain dan konfigurasi blog kita.

Yup, tentunya kita harus sering-sering mengupdate blog kita dengan berbagai tulisan didalamnya. Namun tidak hanya tentang tulisan (Posting), kita harus benar-benar memperhatikan dengan sebuah desain dan konfigurasi pada blog kita.

Kawan yang sering searching ke berbagai website tentunya akan terkagum dengan desain dan konfigurasi blog tersebut; apakah karena desain template yang dibawanya atau karena widget yang menyertai blog tersebut. Disini kita akan rinci mengenai hal yang harus kawan lakukan untuk memperindah dan mempercantik sebuah blog.

Namun perlu diingat pula, bahwa kawan jangan hanya fokus memperhatikan akan keindahan blog kawan tanpa memandang faktor SEO Friendly.

Ya, tentu saja. Ibaratnya gini. Kawan dengan segenap hati bikin blog dan posting banyak artikel menarik didalamnya. Tapi sudah beberapa waktu, blog kawan tak muncul juga di google, kawan tidak terkenal sama sekali. Sedikit sekali yang berkunjung ke blog kawan. Tidak mau kan?

Nah saat ini, SEO Friendly-lah cara kalian bisa terkenal di google dan situs search engine lain. Dan untuk mengoptimalkan SEO itu, tentu blog kawan harus di desain dan konfigurasi kan.

Apa saja sih yang harus dilakukan dengan desain dan konfigurasinya? Mari kita simak ulasannya.
1.       Memilih template yang SEO friendly <<basic>>
Template yang SEO friendly itu selain memperindah blog kita, juga akan membuat google bot mudah meng-crawl (memata-matai) blog kita. Setelahnya, google akan menilai blog kita adalah bagus untuk dikunjungi. Maka dari itu, penggunaan template yang seo akan sangat berpengaruh dengan popularitas blog kita.
2.       Memasang widget <<basic>>
Tidak hanya berbicara mengenai keindahan template, tapi sebuah widget pula akan mendukung keindahan tampilan blog kita. Namun tidak semua widget harus kita pasang di blog kita. Kita juga harus memperhatikan ukuran/kapasitas load dari widget yang akan kita pasang agar lebih cepat dibuka ketika pengunjung datang.
3.       Memuat tulisan yang menarik <<basic>>
Ini adalah faktor terpenting dari sebuah popularitas blog, yakni tulisan. Terkadang kita berani memotong waktu kita untuk menunggu loading blog demi sebuah tulisan yang menarik minat kita. Maka dari itu, tulisan yang kita posting haruslah se-menarik mungkin pengunjung agar mereka betah di blog kita.
4.       Konfigurasi google analytic <<advance>>
Ini adalah tahapan lanjutan dari pelajaran blogging kita. Gambaran dasarnya bahwa google analytic adalah sebuah layanan yang bisa memantau perkembangan blog kita dari waktu ke waktu dengan detail. Kawan nantinya bisa menggunakan layanan ini untuk lebih mempermudah kebolongan yang ada pada blog kita.
5.       Konfigurasi google webmaster <<advance>>
Setelah analytic, google juga memiliki fasilitas keren untuk memantau blog kita, yakni webmaster. Tahapan ini memang terbilang rumit – BAGI YANG TIDAK BELAJAR – pada umumnya. Namun bila kita mau belajar lagi, tentunya akan mudah. Webmaster ini lebih kepada pemantauan crawling error, 404 error page, dll pada blog kita. Bila ada halaman rusak, kita bisa langsung tahu melalui fasilitas ini. Nanti akan kita bahas mengenai cara konfigurasi dan penggunaannya di tahapan pro.
6.       Coding Learner <<pro>>
Anda suka dengan code-code? Disinilah kita akan belajar mengenai coding sebuah blog. Blogger merupakan CMS yang berbasis html code yang memang sepintas membuat kita bingung. Tapi tidak bila kita mau belajar. Kawan disini akan diberi arahan mengenai struktur dasar dari template html sebuah blog. Jadi kedepannya bila kawan kebingungan mengenai error yang ada di blog, kawan bisa mengecek di html code kawan.
7.       Compressing script berupa html, javascript <<pro>>
Tidak semua script html dan js yang kawan miliki saat ini terkompress dengan baik. Semakin besar file tersebut, tentunya akan semakin berat ketika di load. Maka dari itu, kawan akan diberitahu mengenai cara compress (mengecilkan) file html dan js pada blog.

Itulah ketujuh materi dasar pada desain dan konfigurasi blog dari belajar TIK-04. Semoga bermanfaat... Bila ada yang kurang dimengerti, silahkan isi komentar dibawah. Selamat belajar... :)

Post a Comment

Terimakasih sudah bertanya/mengomentari. In Sya Allah akan kami balas secepatnya... :)

 
Copyright © 2016 Belajar TIK 04. Designed by OddThemes | Published by Responsive Blogger Templates | Managed by Nineteenboy